Instruktur BLK Demak Tingkatkan Kemampuan Melalui Pelatihan Active Learning

BLK Demak– 3 orang Instruktur dari BLK Kabupaten Demak telah mengikuti kegiatan Pelatihan Pembelajaran Aktif di Kota Pekalongan, Jawa Tengah.

Kegiatan Pelatihan pembelajaran aktif diselenggarakan oleh USAID melalui program RWAP yang berada di jawa tengah bagi instruktur pelatihan kerja. Pelatihan pembelajaran aktif yang dilaksanakan pada tanggal 12-13 November 2019 ini diikuti oleh 27 orang peserta dari berbagai BLK dan LPK yang berada di wilayah Jawa Tengah. Selama 2 hari tersebut, peserta mendapatkan 10 materi diantaranya tentang pentingnya pembelajaran aktif, strategi dan metode pembelajaran aktif, hingga  menentukan peran serta kriteria instruktur yang dibutuhkan dalam pelaksanaan pembelajaran aktif tersebut.

Antusiasme peserta dalam kegiatan pelatihan pembelajaran aktif ini sangat tinggi, tergambar dengan tingginya partisipasi peserta pada tiap sesi, kehadiran yang tepat waktu dan selama 2 hari tersebut tidak ada peserta yang mengantuk sesuai kesepakatan awal pada kontrak belajar. Pelatihan pembelajaran aktif bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dan kualitas instruktur lembaga pelatihan kerja yang berada di Jawa Tengah dalam rangka peningkatan kecepatan penyerapan materi palatihan kerja. Dalam kegiatan tersebut, narasumber yang mengampu kegiatan pelatihan pembelajaran aktif berasal dari professional pada bidang pelatihan, Dosen dan praktisi pada lembaga pelatihan kerja.

“Pembelajaran aktif atau Active Learning merupakan solusi mempercepat peningkatan pemahaman peserta pelatihan pada ranah pengetahuan, ketrampilan dan sikap kerja, sehingga mengantarkan mereka menjadi kompeten di bidangnya”, tutur Abdillah Fitri Riyadiyanti yang akrab dipanggil Pipit sebagai salah satu peserta pelatihan pembelajaran aktif dari BLK Demak.(AP)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*